Beranda » » Fresh Graduate? Lama Menganggur? Mungkin Ini Penyebabnya…

Fresh Graduate? Lama Menganggur? Mungkin Ini Penyebabnya…

Ditulis pada: 20 Oktober 2016 | Kategori:

Banyak juga mahasiswa yang sudah lulus kuliah tapi masih menganggur sampai berbulan-bulan, ada juga yang sampai setahun bahkan lebih. Apa sih penyebabnya?  Biasanya para fresh graduate merasa kurang percaya diri ataupun merasa minim pengalaman untuk mencari perkerjaan. Dan hal ini sudah menjadi masalah yang lumrah dihadapi para lulusan baru.

Sebenarnya tidak menjadi masalah jika seorang fresh Graduate memang masih ingin menikmati kelulusannya dan belum ingin bekerja dulu, tetapi berbeda ceritanya ketika anda sendiri memiliki tanggung jawab dan diharuskan untuk dapat menghasilkan uang sendiri.

hire-291382233

Berikut ini beberapa penyebab mengapa banyak fresh Graduate yang lama menganggur.

  1. Tidak ada Link

Dijaman sekarang ini, agak sulit untuk mendapatkan pekerjaan tanpa adanya jaringan/link, sekalipun memiliki skill dan kemampuan yang cukup, persaingan yang terjadi terkadang mengharuskan mereka yang memiliki skill lebih baik akhirnya harus mengalah dengan mereka yang memiliki jaringan didalam perusahaan. Memang bukan hal yang adil menurut beberapa orang, tetapi itulah yang terjadi sekarang ini.

Memang banyak juga lowongan kerja dari media sosial, situs-situs lowongan kerja ataupun yang dikirimkan melalui email, akan tetapi banyak pesaing, sedangkan lowongan yang diperoleh dari kenalan yang sudah bekerja, adakalanya belum dipublikasikan sehingga pesaingnya tidak banyak.

  1. Melamar untuk pekerjaan Berat

Maksudnya adalah ada melamar pekerjaan yang persyaratannya melebihi kemampuan anda, contohnya jika ada melamar pekerjaan yang membutuhkan pengalaman lebih dari 3 tahun sedangkan anda sendiri baru saja lulus, maka tentu saja lamaran anda akan ditempatkan pada bagian paling bawah tumpukan surat lamaran atau bahkan mungkin dibuang sebelum selesai dibaca. Sangat sulit bagi sebuah perusahaan untuk memberikan sebuah posisi penting kepada lulusan baru sekalipun lulus dengan nilai spektakuler sekalipun, kecuali perusahaan tersebut adalah perusahaan keluarga.

Disamping itu, biasanya didalam resume, terdapat jumlah gaji yang diinginkan. Taruhlah gaji dengan jumlah yang rasional sesuai dengan gelar, kemampuan dan jumlah jam terbang anda.

  1. Terlalu sering coba-coba

Bukan masalah jika pada awalnya anda mencoba beberapa pekerjaan diluar dari basic skill anda, tetapi ingat bahwa perusahaan-perusahaan pada umumnya menginginkan pekerja dengan basic skill yang sesuai, terkecuali untuk lowongan dengan tanggung jawab kecil seperti OB atau sales.

Untuk itu, carilah pekerjaan yang sesuai dengan apa yang anda pelajari, dengan kata lain carilah sesuai gelar yang anda peroleh, dengan begitu anda akan menjadi calon pelamar yang dipertimbangkan berdasarkan jurusan anda sewaktu kuliah.

  1. Tidak menggunakan referensi atau Menggunakan referensi anggota keluarga.

Di poin kedua tadi kalau bisa kita memiliki jaringan didalam suatu perusahaan yang kita lamar, tapi ingat bahwa terkecuali perusahaan tersebut adalah perusahaan keluarga, anda masih punya peluang untuk dikalahkan pelamar lain ketika bersaing untuk sebuah jabatan.

Jika memang bisa, gunakan referensi rekomendasi oleh Supervisor ataupun Koordinator pada saat maggang atau pada saat masih di bangku kuliah, dengan begitu pihak perusahaan akan yakin bahwa anda memang mendapat rekomendasi dari orang yang memiliki kemampuan menilai seorang karyawan. Selain itu, pihak perusahaan juga akan menganggap bahwa penilaian yang diberikan kepada anda oleh Supervisor adalah penilaian profesional dan bukan lagi personal.

  1. Salah Menulis CV.

Salah menulis CV (Curricullum Vitae) bukan berarti salah penulisan akan tetapi kurang mempromosikan diri anda didalam CV, baik itu pengalaman ketika masih di jenjang kuliah ataupun ketika magang ataupu juga ketika bekerja diperusahaan sebelumnya. CV adalah tempat untuk mempromosikan diri dan kemampuan anda, sehingga sebaiknya tulis dengan bahasa yang baik dan promosikan diri andan dengan semua kemampuan yang anda miliki. Yakinkan perusahaan bahwa anda memang layak diterima karena anda memiliki kualitas baik dari segi kepribadian, kemampuan maupun dalam kehidupan sosial anda.

Dan satu hal lagi, jangan sampai menjelekkan diri anda melalui media sosial, seperti terlalu banyak mengeluh ataupun berkata kasar ataupun hal lainnya yang akan membuat anda dipandang sebagai orang yang kurang potensial untuk dijadikan karyawan, sebab saat ini media sosial juga menjadi salah satu kunci para HRD untuk membuktikan kepribadian seseorang yang melamar di Perusahaan mereka.

 

Untuk para Fresh Graduate, ada juga beberapa tips yang mungkin dapat membantu anda mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan. Berikut ini tipsnya;

  1. Bertanya

Siapkan beberapa pertanyaan tentang perusahaan dan pekerjaan yang anda lamar itu, seandainya anda tiba-tiba dipanggil untuk wawancara setidaknya anda sudah memiliki gambaran tentang pekerjaan tersebut, selain itu dengan bertanya hal-hal menyangkut perusahaan dan pekerjaan, anda menunjukkan bahwa ternyata anda memiliki minat yang cukup besar untuk bekerja di perusahaan tersebut.

  1. Lakukan Riset

Riset tentang perusahaan dan jenis pekerjaan yang nantinya akan anda kerjakan, akan memberikan nilai tambah kepada anda seandainya anda melamar pekerjaan tersebut dan ditanyai dalam wawancara. Contohnya, ketika melamar di sebuah perusaahan, ada HRD yang akan menanyakan tentang visi dan misi anda, untuk membuktikan bahwa anda memang memiliki padangan yang sesuai dengan pandangan perusahaan. Dengan begitu, anda akan dipertimbangkan lebih lagi untuk menjadi karyawan mereka.

  1. Ukur Kemampuan diri & Kontrol Ambisi

Mengukur kemampuan anda semata-mata agar anda tidak terlihat berlebihan ketika menulis resume (CV) anda untuk mempromosikan diri. Ambisi memang perlu, tetapi ingat terlalu ambisius terkadang membuat kecewa berlebihan ketika ditolak. Pada intinya, persiapan diri untuk kemungkinan terburuk agar jangan sampai terpuruk jika ditolak.

  1. Semangat / Jangan Mudah putus asa.

Tunjukkan bahwa anda orang yang semangat. Jika melamar pekerjaan disebuah perusahaan sebaiknya jangan pernah datang terlambat dan jangan sampai menunjukkan bahwa anda lelah ataupun tidak bersemangat sebab perusahaan akan menilai kemampuan anda dari semangat anda.

Jika memang banyak penolakan lamaran yang anda alami, jangan putus asa. Putus asa membuat semangat hilang dan akhirnya anda sendiri akan merasa malas untuk mencari lowongan pekerjaan. Putus asa membuat orang menjadi skeptis dan akan merasa takut untuk mencoba melamar pekerjaan dengan jenis yang sama atau mungkin diperusahaan yang sama yang pernah menolaknya.

  1. Sampaikan rasa terima kasih sekalipun gagal.

Ucapan terima kasih sekalipun gagal memiliki akibat dua arah, yaitu bagi anda sendiri dan bagi HRD perusahaan.  Sederhana tetapi membuktikan bahwa anda tahan banting, tahan dengan penolakan. Pekerjaan-pekerjaan jaman sekarang membutuhkan orang-orang yang mampu bekerja dibawah tekanan, dan jika anda bisa mengucapkan terima kasih sekalipun gagal, anda menunjukkan potensi anda bahwa anda bisa bekerja dibawah tekanan juga.

Sebagian besar perusahaan merekrut karyawannya dengan melihat potensi yang dimiliki oleh mereka. Karena itulah, tunjukkan niat dan keinginan kuat ketika melamar kerja. Memang, sebagai seorang lulusan baru, tentu belum memiliki pengalaman mumpuni, namun seiring dengan bertambahnya jam terbang tentu kemampuan juga ikut meningkat.

Semoga tulisan ini dapat membantu menambah wawasan kita tentang mengapa banyak fresh Graduate menganggur dan bagaimana seharusnya seorang fresh graduate melamar pekerjaan. Semoga sukses.

Salam, Loker NTT.

(Dikunjungi 472 kali, 1 Klik hari ini)

Fresh Graduate? Lama Menganggur? Mungkin Ini Penyebabnya… | Loker NTT

Tags: fresh graduate

Belum ada Komentar untuk Fresh Graduate? Lama Menganggur? Mungkin Ini Penyebabnya…

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

r Informasi

Hati-hati penipuan berkedok lowongan kerja! Tips berikut ini bisa membantu anda lebih berhati-hati.

P 1 Maret 2017 ,

Sudah cukup banyak penipuan melalui internet yang terjadi sekarang ini. Mulai dari undian berhadiah, iklan produk menggiurkan hingga berkedok lowongan pekerjaan. Sebenarnya semua tindakan penipuan ini memiliki kelemahan, sekalipun kemasan iklan yang ditampilkan sangat meyakinkan. Tapi, tidak serta merta kita... Selengkapnya)

Fresh Graduate? Lama Menganggur? Mungkin Ini Penyebabnya…

P 20 Oktober 2016 ,

Banyak juga mahasiswa yang sudah lulus kuliah tapi masih menganggur sampai berbulan-bulan, ada juga yang sampai setahun bahkan lebih. Apa sih penyebabnya?  Biasanya para fresh graduate merasa kurang percaya diri ataupun merasa minim pengalaman untuk mencari perkerjaan. Dan hal ini... Selengkapnya)

Panduan dan tips mencari kerja online secara aman

P 19 Oktober 2016 ,

Sekarang ini banyak sekali lowongan perkerjaan yang diiklankan secara online. Tak banyak juga iklan-iklan yang sebenarnya tidak jelas adanya, sebab digunakan hanya untuk kepentingan memperbanyak konten situs untuk memancing lebih banyak pengunjung dan klik setiap harinya. Ada juga banyak iklan... Selengkapnya)

Suasana Nyaman, Ide Jalan.

P 26 Juni 2016 ,

Banyak sekali pekerjaan yang mengharuskan seorang karyawan untuk bekerja didalam ruangan yang berpendingin dibawah 300, dan juga bekerja di hadapan komputer  selama berjam-jam. Memang ruangan berpendingin (AC) dan bekerja dibalik meja saja memberikan keuntungan tersendiri karena kita tidak perlu bersusah... Selengkapnya)

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik

P 20 Juni 2016 ,

Ketika mencari kerja, tidak sedikit calon pelamar yang ditolak bukan karena kurang mampu tetapi karena pembuatan surat lamaran pekerjaan yang kurang menarik ataupun terlalu berlebihan. Berikut ini, saya akan coba berbagi sedikit tips bagaimana membuat surat lamaran pekerjaan yang sederhana tetapi... Selengkapnya)

Dikembangkan olehSekolahMusa