Beranda » » Panduan dan tips mencari kerja online secara aman

Panduan dan tips mencari kerja online secara aman

Ditulis pada: 19 Oktober 2016 | Kategori:

Sekarang ini banyak sekali lowongan perkerjaan yang diiklankan secara online. Tak banyak juga iklan-iklan yang sebenarnya tidak jelas adanya, sebab digunakan hanya untuk kepentingan memperbanyak konten situs untuk memancing lebih banyak pengunjung dan klik setiap harinya. Ada juga banyak iklan lowongan perkerjaan yang digunakan untuk menipu para pencari lowongan perkerjaan.

Untuk itu jika anda adalah seseorang yang sedang mencari lowongan pekerjaan maka anda diwajibkan untuk dapat menganalisa setiap iklan lowongan pekerjaan yang diiklankan secara online agar tidak terjebak dalam penipuan.

Berikut ini kami ingin membagikan kepada Anda beberapa informasi tentang bagaimana mencari Lowongan pekerjaan secara online dengan aman.

Hati-hati terhadap iklan lowongan kerja yang menipu. Iklan semacam ini sesekali muncul di situs pekerjaan, dimasukkan oleh orang yang tidak jujur dengan tujuan untuk mencari uang dengan cepat dari para pencari kerja yang tak berpengalaman. Walaupun lokertt.com selalu mencoba untuk memastikan bahwa iklan lowongan kerja di situs kami adalah iklan lowongan yang benar dan tidak menipu, iklan penipuan seperti itu kadang-kadang bisa tetap termuat. Ketika kami melihat penipuan yang melanggar Kebijakan dalam Panduan Iklan kami, maka kami akan sesegera mungkin menghapusnya.

Anda perlu berhati-hati terhadap iklan-iklan ataupun pengiklan dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Meminta Anda untuk membayar uang sebelum memproses lamaran Anda atau memberikan pelatihan kepada Anda;

Beberapa kasus penipuan terjadi dengan modus memberikan pekerjaan setelah anda menyetujui untuk mengirimkan sejumlah uang sebagai pelicin ataupun sebagai uang jaminan. Padahal seharusnya jika sebuah perusahaan menginginkan anda untuk bekerja sebagai karyawan mereka maka tentunya yang mereka minta adalah kelengkapan surat dan data diri anda sebagai warga negara yang baik dan sebagai calon tenaga/karyawan yang memenuhi persyaratan mereka. Selain itu pihak perusahaan juga sudah harus menyediakan kebutuhan karyawannya tanpa harus memungut sejumlah uang dari calon karyawannya, tetapi jika ada pungutan sebelum diterima bekerja maka dapat dianggap bahwa pekerjaan tersebut kemungkinan besar adalah sebuah penipuan atau mungkin saja adalah pekerjaan ilegal.

  • Meminta anda untuk mengirimkan nomor rekening  sebelum memproses lamaran anda dan/atau tanpa memberitahukan tujuan penggunaan nomor rekening tersebut

Modus penipuan yang juga sering terjadi adalah menggunakan nomor rekening milik para pencari kerja untuk melakukan penipuan dan atau pembobolan terhadap akun bank seseorang. Pada umumnya permintaan rekening bank seseorang untuk keperluan pembayaran gaji, biasanya dilakukan ketika sudah diterima menjadi seorang karyawan dan pada saat pengurusan administrasi karyawan, tetapi jika permintaan nomor rekening dilakukan sebelum ada kejelasan/pengumuman bahwa anda sudah diterima maka anda perlu menyelidiki lebih lanjut.

  • Mengundang Anda wawancara, yang kemudian berubah menjadi multi-level marketing atau skema penjualan piramida, ataupun wawancara yang diberikan malah tidak berhubungan dengan lowongan pekerjaan yang anda lamar;

Modus seperti ini adalah modus penjualan produk dengan sistem skema penjualan piramida, yang artinya anda akan mendapat untung dari produk MLM yang ditawarkan tetapi hasil penjualan anda juga menjadi keuntungan bagi upline anda.

  • Menyalahgunakan informasi resume Anda untuk menjual produk (seperti asuransi, dll) atau membuat penawaran yang tidak berhubungan dengan lowongan yang diiklankan;
  • Umumnya tidak benar, meragukan atau menyesatkan (misalnya judul lowongan, penjelasan pekerjaan atau penjelasan perusahaan yang membingungkan/menyesatkan), atau
  • Menggunakan email berbasis web dengan alamat umum, bukan alamat email milik perusahaan.
  • Selain itu, mereka yang biasa ingin menipu para pencari kerja biasanya juga menggunakan alamat email yang dibuat mirip dengan nama perusahaan yang digunakan tetapi jika diteliti lebih dekat, ternyata alamat yang mereka berikan ternyata sedikit berbeda dengan alamat perusahaan yang sebenarnya. Untuk itu anda perlu memastikan ke situs perusahaan yang asli (jika ada) tentang pembukaan lowongan pekerjaan tersebut.

Sebagai tambahan, kami beritahukan bahwa lokerntt.com tidak akan pernah mengirim email yang mengharuskan Anda untuk mengunduh dan/atau menginstal perangkat lunak, alat atau utilitas apapun. Terakhir, jangan pernah memberikan nama pengguna keanggotaan dan kata sandi lokerntt.com Anda ke siapa pun, bahkan jika permintaan tersebut tampaknya datang dari email dengan alamat lokerntt.com. Kami tidak akan pernah meminta kata sandi dari anggota kami.

Anda dapat mengambil peran sebagai pemberi informasi jika Anda curiga bahwa suatu penipuan mungkin sedang terjadi. Jika Anda melihat email atau iklan semacam itu di lokerntt.com, silahkan beritahu kami di admin@lokerntt.com dengan memberikan nama perusahaan dan judul posisi/lowongan iklan tersebut, dan nama akun pengiklannya maka kami akan menyelidikinya.

Walaupun kami akan selalu mencoba mengambil tindakan yang tepat bila memungkinkan, lokerntt.com tidak dapat bertanggung jawab atas setiap tindakan penipuan yang dilakukan penipu atau perusahaan yang melakukan pelanggaran terhadap isi dari ketentuan lokerntt.com.

(Dikunjungi 231 kali, 1 Klik hari ini)

Panduan dan tips mencari kerja online secara aman | Loker NTT

Tags:

Belum ada Komentar untuk Panduan dan tips mencari kerja online secara aman

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

r Informasi

Hati-hati penipuan berkedok lowongan kerja! Tips berikut ini bisa membantu anda lebih berhati-hati.

P 1 Maret 2017 ,

Sudah cukup banyak penipuan melalui internet yang terjadi sekarang ini. Mulai dari undian berhadiah, iklan produk menggiurkan hingga berkedok lowongan pekerjaan. Sebenarnya semua tindakan penipuan ini memiliki kelemahan, sekalipun kemasan iklan yang ditampilkan sangat meyakinkan. Tapi, tidak serta merta kita... Selengkapnya)

Fresh Graduate? Lama Menganggur? Mungkin Ini Penyebabnya…

P 20 Oktober 2016 ,

Banyak juga mahasiswa yang sudah lulus kuliah tapi masih menganggur sampai berbulan-bulan, ada juga yang sampai setahun bahkan lebih. Apa sih penyebabnya?  Biasanya para fresh graduate merasa kurang percaya diri ataupun merasa minim pengalaman untuk mencari perkerjaan. Dan hal ini... Selengkapnya)

Panduan dan tips mencari kerja online secara aman

P 19 Oktober 2016 ,

Sekarang ini banyak sekali lowongan perkerjaan yang diiklankan secara online. Tak banyak juga iklan-iklan yang sebenarnya tidak jelas adanya, sebab digunakan hanya untuk kepentingan memperbanyak konten situs untuk memancing lebih banyak pengunjung dan klik setiap harinya. Ada juga banyak iklan... Selengkapnya)

Suasana Nyaman, Ide Jalan.

P 26 Juni 2016 ,

Banyak sekali pekerjaan yang mengharuskan seorang karyawan untuk bekerja didalam ruangan yang berpendingin dibawah 300, dan juga bekerja di hadapan komputer  selama berjam-jam. Memang ruangan berpendingin (AC) dan bekerja dibalik meja saja memberikan keuntungan tersendiri karena kita tidak perlu bersusah... Selengkapnya)

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik

P 20 Juni 2016 ,

Ketika mencari kerja, tidak sedikit calon pelamar yang ditolak bukan karena kurang mampu tetapi karena pembuatan surat lamaran pekerjaan yang kurang menarik ataupun terlalu berlebihan. Berikut ini, saya akan coba berbagi sedikit tips bagaimana membuat surat lamaran pekerjaan yang sederhana tetapi... Selengkapnya)

Dikembangkan olehSekolahMusa